Seorang bayi lahir dg berat badan 3200 gram

Dilahirkan pada tangggal 3. Hal ini jelas berpengaruh positif terhadap pertumbuhan janin dalam kandungannya. Ginjal masih belum matang Kemampuan mengatur pembuangan sisa metabolisme dan air masih belum sempurna sehingga mudah terjadi oedema 6.

Setelah hemolisis fisiologis pada awal neonatus atau adanya hemolisis patologis pada isoimunisasi nenoatus dapat terjadi kern icterus. Bila mengkonsumsi alkohol pada trimester kedua saat terjadi perkembangan ukuran sel, maka akan berpengaruh pada berat janin yang dikandungnya. Kehamilan pada umur lebih dari 35 tahun juga mempunyai resiko lebih tinggi untuk terjadinya kelahiran BBLR sehubungan dengan alat reproduksinya telah berdegenerasi dan terjadi gangguan keseimbangan hormonal.

Nefritis akut DM Infeksi akut atau tindakan operatif e. Tumit mengkilap,telapak kaki halus. Paru-paru yang belum matang dengan peningkatan kerja bernafas dan kebutuhan kalori yang meningkat.

Bayi preterm mempunyai lebih sedikit simpanan garam empedu, yang diperlukan untuk mencerna dan mengabsorbsi lemakdibandingkan bayi aterm. Gizi saat hamil yang kurang Kekurangan zat gizi yang diperlukan saat pertumbuhan dapat mengakibatkan makin tingginya kehamilan premature atau BBLR dan cacat bawaan.

Saat ini, paru mengeluarkan surfactan lipoprotein yang memungkinkan berkembangnya paru janin setelah lahir dan membantu mempertahankan volume ruangan udara dalam paru.

Keadaan status gizi ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kondisi janin. Anemia dapat didefinisikan sebagai kondisi dengan kadar HB berada di bawah normal. Anemia gizi dapat mengakibatkan kematian janin didalam kandungan,abortus,cacat bawaan,BBLR,anemia pada bayiyang dilahirkan,hal ini menyebabkan morbiditas dan mortalitas ibu dan kematian perinatal secara bermakna lebih tinggi.

Keadaan akan membaik bila menunjukkan gerakan yang aktif dan menangis keras. Menghindari infeksi Bayi prematuritas mudah sekali terkena infeksi, karena daya tahan tubuh yang masih lemah,kemampuan leukosit masih kurang dan pembentukan anti bodi belum sempurna.

Perdarahan intraventrikular dihubungkan dengan sindroma distress respiratori idiopatik dan nampaknya berhubungan dengan hipoksia pada sindroma distress respirasi idiopatik.

Infeksi terutama disebabkan oleh infeksi nosokomial. Kekurangan gizi juga dapat menimbulkan keguguran, abortus, bayi lahir mati, kematian neonatal, anemia pada bayi, asfiksia intra partum mati dalam kandungandan lahir dengan berat badan lahir rendah BBLR. Pengaruh faktor kehamilan ganda terhadap kejadian BBLR Pada ibu dengan kehamilan ganda membutuhkan asupan makanan yang lebih dibandingkan ibu yang hamil tunggal, sehingga apabila kebutuhan janin tidak tercukupi secara merata maka mengakibatkan bayi yang lahir mempunyai berat badan yang rendah.

MODUL 2 BBLR KLP 5

Pada bayi BBLR yang lebih kecil, kurang giat dan mengisap dan sianosis ketika minum melalui botol atau menetek pada ibunya, makanan diberikam melalui NGT Jadwal pemberian makanan disesuaikan dengan kebutuhan dan berat badan bayi BBLR.

Bila factor menghisapnya kurang maka ASI dapat diperas dan diminumkan dengan sendok perlahan-lahan atau dengan memasang sonde menuju lambung.

Bila incubator tidak ada bayi dapat dibungkus dengan kain dan disampingnya ditaruh botol yang berisi air panas, sehingga panas badannya dapat dipertahankan.

Pemberian minum bayi sekitar 3 jam setelah lahir dan didahului dengan menghisap cairan lambung.

Contoh Soal PPDS Anak (sub kardiologi)

Dengan demikian bayi preterm mempunyai peningkatan potensi terhadap hipoglikemia, rikets dan anemia. Gambar dibawah menunjukkan jalur pertukaran dalam cairan amnion: Rubeolla, sifilis,toksoplasmosis6.

Pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil melalui program kesehatan ibu dan anak, penyuluhan-penyuluhan kesehatan selama ibu hamil. Insufisiensi plasenta, 7.

Frekuensi detak jantung untuk mempertahankan cardiac output tersebut kali per menit. Digunakan masker dan baju khusus dalam penanganan bayi, perawatan luka tali pusat, perawatan mata, hidung, kulit, tindakan aseptic dan antiseptic alat-alat yang digunakan, isolasi pasien, jumlah pasien dibatasi, rasio perawat pasien ideal, mengatur kunjungan, menghindari perawatan yang yang terlalu lama, mencegah timbulnya asfiksia dan pemberian antibiotic yang tepat.

Rumus IMT Bayi, Balita, Anak, Orang Dewasa, dan Contoh Soal

Moore, E. Bayi BBLR berisiko mengalami serangan apneu dan defisiensi surfakatan, sehingga tidak dapat memperoleh oksigen yang cukup yang sebelumnya diperoleh dari plasenta.IMT = Berat Badan / (Tinggi Badan x Tinggi Badan) = 67 / (1,65 x 1,65) IMT = 24,6 Setelah memasukkan nilai berat dan tingginya, didapatkan indeks massa tubuh orang tersebut sebesar 24,lawsonforstatesenate.com: Angga Murjana.

Bayi berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir yang berat badan lahirnya pada saat kelahiran kurang dari gram.(WHO,) dahulu neonatus dengan berat badan lahir kurang dari gram atau sama dengan gram disebut premature.

Berat gram ; panjang 50cm Diameter biparietal cm. NUTRISI INTRAUTERIN Pertumbuhan janin ditentukan sejumlah faktor genetik dan lingkungan. Faktor lingkungan yang penting adalah perfusi plasenta dan fungsi plasenta.

Faktor gizi ibu bukan faktor terpenting, kecuali pada keadaan starvasi hebat. Gangguan gizi menahun dapat menyebabkan terjadinya anemia dan BBLR berat badan lahir. Download as or read online from Scribd. Flag for inappropriate content. save. Pengertian BBLR Bayi berat badan lahir rendah adalah bayi dengan berat badan kurang dari gram pada waktu lahir.

BBLR dibedakan menjadi: 1. Prematuritas murni. Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) adalah bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari gram tanpa memperhatikan usia gestasi (Wong, ).

Seorang bayi lahir dg berat badan 3200 gram
Rated 4/5 based on 57 review