Pembagian kelas dalam pertandingan pencak silat menurut berat badan

Menang teknik b. Berlaku untuk kategori Tunggal, Ganda dan Regu. Melakukan pelanggaran dan mendapat hukuman dan lawan cidera tidak dapat melanjutkan pertandingan atas keputusan Dokter Pertandingan. Posisi kaki kuda-kuda tengah. Faktor lain-lain c. Dari namanya, dapat diketahui bahwa istilah "silat" paling banyak menyebar luas, sehingga diduga bahwa bela diri ini menyebar dari Sumatera ke berbagai kawasan di rantau Asia Tenggara.

Jam pertandingan, gong alat lainnya yang sejenis dan bel. Istilah pencak pada umumnya menggambarkan bentuk seni gerakan pencak silat, dengan musik dan busana tradisional. Serangan tangan yang dinilai adalah serangan yang masuk pada sasaran, menggunakan tekhnik serangan dengan tangan dalam bentuk apapun.

Lintas serangan yang salah yang tidak menyebabkan lawan cidera. Atas permintaan Pendamping Pesilat b. Nilai Kemantapan yang mencakup unsur: Kategori Tunggal, minimal harus diikuti oleh 2 dua peserta, dan langsung babak Final.

Tidak dapat menunjukan surat keterangan kesehatan sebelum bertanding. Pesilat yang waktu peragaannya lebih dari 3 menit, berkewajiban untuk menyelesaikan sisa gerakan jurus Tunggal, dan para Juri berkewajiban untuk menilai kebenaran jurus yang diperagakan oleh Pesilat.

Rela berkorban demi kepentingan bersama Gelanggang penampilan untuk ketiga katagori tersebut adalah bidang gelanggang berukuran 10 m x 10 m.

Peraturan Pertandingan Silat IPSI

Bila terdapat nilai yang sama, pemenangnya akan dinilai mengikut aturan berikut: Apabila melebihi waktu toleransi ini peragaan di batalkan dan diskualifikasi.

Memakai ikat kepala jilbab bukan ikat kepala dan kain sampingwarna polos atau bercorak. Kategori Regu, minimal harus diikuti oleh 2 dua peserta, dan langsung babak Final. Melakukan pelanggaran berat yang didorong oleh unsur-unsur kesengajaan dan bertentangan dengan norma sportivitas.

PERATURAN PERTANDINGAN PENCAK SILAT ANTARABANGSA

Lawan dapat memegang tangan atau bahu sehingga tidak terjadi proses jatuhan. Sikap pasang sembilan, caranya sebagai berikut: Nilai prestasi teknik Nilai 1, serangan dengan tangan yang masuk pada sasaran, tanpa terhalang oleh tangkisan, hindaran atau elakan lawan.

Perlengkapan Pertandingan Pencak Silat

Tahapan pertandingan Bila pertandingan diikuti oleh lebih dari 7 Tujuh peserta maka dipergunakan sistem pool. Penimbangan harus disaksikan oleh petugas penimbangan dan anggota Wast Juri yang ditugaskan untuk itu, serta oleh kedua official tim.

Keberanian memainkan senjata. Menurut umur kelas terbagi 3 golongan, masing-masing sebagai berikut: Pasal 9 1. Formulir pertandingan dan alat tulis menulis. Perkembangan silat secara historis mulai tercatat ketika penyebarannya banyak dipengaruhi oleh kaum penyebar agama Islam pada abad ke di nusantara.

Anda yang ingin menguasai teknik ini secara sempurna harus bersedia melatihnya secara terus menerus di samping harus rajin untuk melakukan percobaan-percobaan. Posisi berdiri satu kaki sedangkan kaki yang lain diangkat ke depan. Pemenang adalah peserta yang mendapat nilai tertinggi untuk penampilannya.

Kemantapan penghayatan gerak 5. Kategori tanding Ketentuan Nilai: Faktor lain-lain c. Waktu peragaan berakhir Pesilat memberi hormat kepada para Juri dan Ketua Pertandingan dari titik tengah.

Penilaian terhadap peserta menjadi batal, bila setelah berakhirnya penampilan didapati bahwa ada Jurus yang tidak diperagakan atau memperagakan urutan jurus yang salah oleh peserta. Melakukan serangan dengan teknik sapua sambil merebahkan diri secara berulang kali dengan tujuan untuk mengulur waktu e.

Nilai 3 Teknik serangan langsung yang berhasil menjatuhkan lawan. Seorang pesilat selain harus menyesuaikan pikiran dengan olah tubuh, fisik juga diperlukan dalam pengembangan seni dan penguasaan teknik seni.

Penjelasan Aspek dan Pertandingan Pencak Silat

Kelas yang di pertandingkan 1.Pertandingan pencak silat memiliki perbedaan dengan bela diri lain karena di dalamnya harus menampilkan sikap pasang.

Semua kaidah harus terjadi disetiap babaknya. Pembagian kelas untuk kategori tanding berdasarkan berat badan dan digolongkan menurut umur dan jenis kelamin. Golongan remaja untuk putra dan putri berumur 14 s.d.

17 tahun dan. Untuk timbang ulang, Pesilat putra / putri harus berpakaian Pencak Silat yang kering tanpa sabuk, pelindung kemaluan dan pelindung sendi untuk semua kelas.

Pesilat yang tidak dapat memenuhi ketentuan berat badan dalam penimbangan ulang menurut kelas yang diikutinya, dikenakan sanksi diskualifikasi. 4/9/ · This entry was posted on April 9, pada am and is filed under AD/ART, IPSI, lawsonforstatesenate.com kaitkata: Kategori dan Kelas Pertandingan Silat, Penentuan Kemenangan Pencak Silat, Peraturan Pertandingan Pencak Silat, Peraturan Pertandingan Pencak Silat IPSI, Peraturan Pertandingan Pencak Silat Terbaru, Teknik Nilai Pencak lawsonforstatesenate.com can follow any responses to this.

11/10/ · Untuk timbangan ulang, pesilat putra / putri harus berpakaian Pencak Silat yang kering tanpa sabuk, pelindung kemaluan dan pelindung sendi untuk semua kelas. Pesilat yang tidak dapat memenuhi ketentuan berat badan dalam penimbangan ulang menurut kelas yang diikutinya, dikenakan sanksi diskualifikasi.

Kenapa pembagian kelas pertandingan bela diri selalu menggunakan berat badan?

Perwasitan Pencak Silat A. Perlengkapan seorang wasit pencak silat Perlengkapan yang digunakan oleh seorang wasit pencak silat adalah seragam wasit berwarna putih dan sabuk berwarna kuning dengan lambing IPSI disalah satu ujungnya.

B. Syarat-syarat menjadi wasit pencak silat Selain mengikuti penataran wasit dan juri sesuai tingkatan nya untuk menjadi wasit juri. Untuk timbangan ulang, pesilat putra / putri harus berpakaian Pencak Silat yang kering tanpa sabuk, pelindung kemaluan dan pelindung sendi untuk semua kelas.

Pesilat yang tidak dapat memenuhi ketentuan berat badan dalam penimbangan ulang menurut kelas .

Pembagian kelas dalam pertandingan pencak silat menurut berat badan
Rated 0/5 based on 36 review